5 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris, Tingkatkan Kemampuan Bahasamu!

Ilustrasi aplikasi belajar bahasa inggris
Sumber: Freepik.com

Penulis: Salwa Aulia Rohmah 

BILIK SASTRA – Seiring perkembangan digital, kegiatan belajar juga semakin mudah, termasuk belajar bahasa Inggris. Dengan adanya berbagai aplikasi yang dapat kamu unduh melalui smartphone, sekarang kita bisa dengan mudah mempelajari bahasa Inggris. 

Mulai dari aplikasi yang fokus pada kosakata hingga yang menyediakan kursus, semua dapat membantu pengguna meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. 

Namun, dengan begitu banyaknya pilihan, mungkin sulit untuk memilih aplikasi mana yang paling efektif. Kira-kira, aplikasi belajar bahasa Inggris terbaik apa yang bisa Sobat BiSa gunakan?

1. Duolingo

Ilustrasi aplikasi belajar bahasa inggris dualingo
Sumber: Duolingo.com

Aplikasi belajar bahasa Inggris yang pertama adalah Duolingo. Aplikasi yang mempunyai banyak fitur ini dapat kalian unduh secara gratis, loh. Duolingo ini cocok sekali untuk yang ingin melatih kemampuan speaking.

Selain bahasa Inggris, aplikasi Duolingo ini juga menyajikan fitur yang bisa kita gunakan untuk mempelajari bahasa-bahasa asing lainnya. Misalnya saja, bahasa Jepang, Korea, Mandarin, dan lain sebagainya.

Menyajikan tampilan aplikasi yang menarik dengan warna-warnanya yang cerah, tak heran mengapa aplikasi ini mendapatkan banyak ulasan positif dari para penggunanya dan mendapatkan rating 4.8 di Google Play Store.

2. Beelinguapp

Ilustrasi aplikasi beelinguapp
Sumber: Beelingualapp.com

Salah satu fitur yang menjadi keunggulan dari Beelinguapp adalah konsep story telling yang digunakan saat pembelajaran. Dengan adanya cerita yang menarik, kegiatan pembelajaran pun jadi semakin mudah dan menyenangkan. 

Melalui konsep story telling, pengguna dapat mengaktifkan fitur audio pada cerita yang telah dipilih supaya bisa mendengarkan langsung bagaimana cara pengucapan kalimat-kalimat yang ada dalam cerita tersebut dalam bahasa Inggris. Tertarik untuk mencobanya?

3. Grammarly

Ilustrasi aplikasi belajar bahasa inggris grammarly
Sumber: Grammarly.com

Bagi yang harus berkali-kali membuka kamus atau Google Translate untuk mengecek tata bahasa Inggris, maka aplikasi ini akan menjadi pilihan yang tepat. Grammarly menawarkan kemudahan dalam menyusun sebuah kalimat atau wacana dalam bahasa Inggris.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah pengguna hanya perlu memasang keyboard Grammarly di gadget. Lalu secara otomatis, Grammarly akan membenarkan kesalahan dalam penulisan tersebut. 

Tidak hanya itu, aplikasi Grammarly ini adalah sudah terintegrasi dengan beberapa platform, seperti perangkat Android, iOS, iPadOS, Microsoft Office, serta Google Document. 

Jadi, aplikasi ini tentunya sangat membantu pengguna dalam penulisan blogging profesional, penulisan akademik, ataupun pembelajaran pribadi.

4. BBC Learning English

Ilustrasi aplikasi bbc
Sumber: bbc.co.uk

BBC Learning English menjadi aplikasi belajar bahasa Inggris yang mempunyai berbagai fitur yang menarik. Keunggulan dari aplikasi ini adalah adanya fitur mini daily lesson

Dengan fitur tersebut, pengguna dapat menonton materi pembelajaran hanya dalam waktu 3 menit. Cocok sekali untuk kalian yang ingin belajar bahasa Inggris sehari-hari.

Dengan adanya materi belajar dalam video-video yang menarik, aplikasi ini tentunya akan sangat bermanfaat dan efektif untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris seperti. Apalagi dalam hal grammar, pronunciation, vocabulary, listening, speaking, reading, serta writing. 

Hebatnya, aplikasi BBC Learning English telah mendapatkan banyak ulasan positif dari para penggunanya dan memiliki rating 4.7 di Google Play Store. 

5. Babbel

Ilustrasi aplikasi babbel
Sumber: Babbel.com

Terakhir, aplikasi belajar bahasa Inggris yang bisa kalian coba adalah Babbel. Aplikasi ini cocok untuk yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dalam aspek kosakata dan percakapan. 

Selain itu, aplikasi ini juga menghadirkan pilihan bahasa asing lainnya seperti bahasa Jerman, Spanyol, Rusia, dan lain sebagainya. 

Salah satu fitur unggulan dari aplikasi Babbel adalah adanya live classes yang diluncurkan pada tahun 2021 lalu. Hingga saat ini, fitur Babble live classes telah menyelenggarakan 15.000 kelas dengan diikuti oleh puluhan ribu peserta.

Nah, itulah 5 rekomendasi aplikasi belajar bahasa Inggris. Dari kelima aplikasi di atas, kira-kira mana, nih, yang menjadi favorit Sobat BiSa? Yuk, tingkatkan kemampuan berbahasa Inggris menggunakan aplikasi-aplikasi pembelajaran tersebut!

Editor: Iska Pebrina

krubisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *