Meet Yourself (2023): Menemukan Arti Kehidupan dan Kebahagiaan

Ilustrasi drama china meet yourself
Sumber: mydramalist.com

BILIK SASTRA – Sobat BiSa pasti pernah merasakan tekanan dalam menghadapi permasalahan-permasalahan hidup. Entah dari pekerjaan, cinta, keluarga, teman, atau bahkan dari diri kita sendiri. Tanpa kita sadari, kita sering memberikan tekanan pada diri kita sendiri hingga terlarut dalam kesedihan, kekhawatiran, hingga ketakutan.

Nah, saya akan merekomendasikan drama healing yang bisa kalian tonton, yaitu drama China Meet Yourself. Selain menyembuhkan, drama ini juga bisa memberikan kebahagiaan. Rilis awal tahun 2023, drama ini banyak meraih popularitas hingga penghargaan. 

Diperankan oleh Liu Yi Fei (Mulan), Li Xian (Go Go Squid S1), Hu Bing Qing, Niu Jun Feng, Estelle Wu, Dong Qing, dan lainnya. Selain itu, ada juga penampilan spesial dari Janice Wu hingga Zeng Shun Xi. Yuk, simak ulasannya!

Sinopsis drama China Meet Yourself (2023) 

Drama Meet Yourself mengisahkan tentang Xu Hong Dou (Liu Yi Fei), seorang wanita yang bekerja di industri perhotelan. Ia adalah seorang yang pekerja keras dan jarang menikmati waktu untuk dirinya sendiri. Suatu saat sahabat dekatnya, Chen Nan Xing (Janice Wu) meninggal karena kanker. Hal itu sangat membekas hingga membuat kehidupannya menjadi kacau. 

Setelah mendengar pesan suara dari mendiang sahabatnya, ia memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya dan beristirahat dari kehidupan kota yang sibuk ke sebuah desa. Desa yang ingin sahabatnya kunjungi, yaitu desa Yun Miao, dekat Dali, di Provinsi Yunnan. Di sinilah ia mencoba mencari ketenangan dan kedamaian untuk dirinya sendiri.

Selama tinggal di homestay, Xu Hong Dou bertemu dengan banyak penghuni yang juga dari kota. Ia bertemu dengan warga desa yang baik. Lambat laun, Xu Hong Dou mulai membuka hatinya. Lalu, ia memulihkan diri dan menjalani kehidupannya dengan santai penuh kebahagiaan. Di desa, ia juga bertemu dengan Xie Zhi Yao (Li Xian), seorang pria yang memiliki cita-cita membangun desa tempat kelahirannya.

Penyembuhan, penemuan arti dan tujuan kehidupan, serta kebahagiaan

Drama china Meet Yourself ini memiliki judul asli 去有风的地方 (Qu You Feng De Di Fang) yang berarti pergilah ke tempat angin bertiup. Ada kutipan dalam drama ini

Waktu akan terus berjalan tanpa henti. Kebahagiaan tidak akan pernah berakhir. Awan gelap bersifat sementara karena angin akan selalu ada.

Meet Yourself (2023)

Dari kutipan tersebut, drama ini bukan sekadar drama romantis, tetapi drama ini juga berfokus pada penyembuhan, penemuan arti dan tujuan kehidupan, serta kebahagiaan dari masing-masing tokoh. Seperti Hong Dou yang mengalami kesedihan atas kematian sahabatnya membuatnya kehilangan arti dan tujuan kehidupan. 

Selama hidupnya, Hong Dou sangat mementingkan karirnya, hidupnya selalu bekerja dan bekerja seperti robot. Namun, setelah kehilangan sahabatnya, ia mulai memikirkan ulang kehidupannya. Seperti perkataan sahabatnya, Hong Dou ingin mulai untuk menikmati kehidupannya, berteman, dan melakukan apa yang diinginkan. 

Baca juga: Till We Meet Again, Film Fantasi Romansa yang Menyentuh

Usaha Zhi Yao untuk mensejahterakan kampung halamannya 

Kemudian ada Xie Zhi Yao sebagai pemeran utama pria, yang memiliki cita-cita untuk membangun desanya. Dulu ia memiliki karir yang cerah di Beijing, tetapi dia memilih kembali untuk kampung halamannya. 

Ia ingin menciptakan lapangan kerja dan mempromosikan desanya. Harapannya ada banyak warga desa yang bisa mendapatkan uang tanpa merantau ke kota. Hal itu Zhi Yao lakukan karena saat kecil ia pernah merasakan ditinggal orang tuanya merantau ke kota. 

Meskipun Zhi Yao sudah memiliki keinginan dan tujuan hidup yang jelas, ia juga memiliki kesulitannya sendiri dalam membangun desa ini. Misalnya, saat mencari mitra dan investasi pebisnis yang dapat meningkatkan daya tarik wisatawan. Namun, cita-cita dan keinginannya yang kuat membuat usahanya tidak sia-sia.

Turut menceritakan kesulitan dari masing-masing tokohnya

Drama china Meet Yourself juga menghadirkan tokoh-tokoh lain dengan kisah dan kesulitannya masing-masing. Misalnya, Xie Xiao Chun, tetangga Zhi Yao, pemilik kafe dan homestay tempat tinggalnya, seorang ibu tunggal yang membesarkan putri dan menjadi tulang punggung keluarga. 

Na Na, penghuni homestay yang bekerja di kafe Xiao Chun. Lalu, Da Mai, seorang penulis webnovel dan Hu You Yu, penulis dan penyanyi bar di kota yang berjuang untuk kesuksesan mereka. 

Tidak berhenti di situ saja, ada Ma Qiu Shan atau Tuan Ma yang suka meditasi dengan pemikiran yang sulit dipahami. Selain itu, juga ada penghuni desa, Nenek Xie, nenek dari Zhi Yao yang lucu dan baik hati. Kemudian ada Bibi A Gui dan Bibi Feng, seorang pekerja keras karena kesulitan ekonomi, dan masih banyak lagi.

Ada banyak pesan moral dalam drama China Meet Yourself

Banyaknya tokoh dalam drama ini membuat kita dapat memahami sudut pandang dari arah yang berbeda. Apalagi dengan kisah dan kesulitan yang dialami para tokoh berbeda-beda sehingga kita bisa melihat pandangan dan wawasan baru dalam mengatasi kesulitan tersebut. Hal inilah yang menjadi kekuatan utama dari drama ini. 

Sama seperti orang biasa, semua karakter dalam drama ini tidak ada yang sempurna dan terbilang realistis. Seakan-akan saat kita menonton dramanya, kita akan merasa menjadi bagian dari drama tersebut.

Banyak hal yang dapat dipelajari dari tokoh-tokoh dalam drama ini, seperti apa yang terpenting dalam kehidupan dan apa saja yang harus kita pedulikan. Drama ini juga mengeksplorasi tentang ikatan keluarga, persahabatan, hubungan antara ibu dan anak, nenek dan cucu, orang tua dan anak, saudara kandung, hingga hubungan antar masyarakat. 

Penonton akan melihat upaya para tokoh yang saling tolong-menolong dalam menghadapi kesulitan. Hingga akhirnya, kita akan melihat perkembangan karakter mereka yang awalnya memiliki ketakutan, kesedihan, kekhawatiran sampai mereka bangkit kembali dan menemukan kebahagiaan yang dinantikan.

Baca juga: Past Lives (2023): Romansa Masa Kecil yang Realistis

Keunikan drama China Meet Yourself

Drama ini sangat relate dengan kehidupan kita. Benar-benar merepresentasikan cerminan nyata dari kehidupan. Meskipun berjalan lambat, tetapi drama ini tidak membosankan, atau bertele-tele. Banyak momen dalam drama ini yang bisa membuat kalian tertawa, emosional hingga menangis, atau bahkan merasa senang dan bahagia. 

Selain itu, hal yang menarik dari drama ini adalah chemistry kuat antara pemeran utama Zhi Yao yang diperankan oleh Li Xian dan Hong Dou oleh Liu Yi Fei. Meskipun termasuk drama romantis, tapi perkembangan romansa mereka lambat dan penuh perhitungan. 

Kisah cinta pemeran utama terjadi secara alami dan realistis sehingga tidak terkesan terburu-buru untuk menyatakan cinta, namun pemeran utama secara bijaksana memikirkan komitmen mereka terhadap suatu hubungan. Menurut saya, ini adalah kisah cinta yang sehat dan layak untuk ditonton. 

Cerita yang dilengkapi dengan sinematografi menarik

Tidak hanya itu saja, drama ini juga akan memanjakan mata kalian dengan pemandangan yang sangat indah. Terdapat danau, ladang pertanian, pegunungan. hingga pemandangan langit yang estetik. 

Ada juga hewan yang ditampilkan dalam drama, seperti kuda, sapi, dan banyak kucing yang juga tersorot kamera. Ada hasil kerajinan tangan warga hingga makanan khas yang disajikan. Hal ini membuat drama ini cocok untuk healing dan menghilangkan penat. 

Secara keseluruhan drama ini memiliki total 40 episode, tapi sangat sepadan untuk ditonton. Selain menghibur, drama ini memiliki banyak dialog yang bisa dikutip dan dipelajari. Bahkan, Sobat BiSa bisa saja mendapatkan pandangan, wawasan, hingga pelajaran hidup dari drama ini. 

Mungkin bagi beberapa orang yang tidak menyukai drama dengan episode lama akan takut untuk mulai menonton drama ini. Namun, yakin lah, meskipun memiliki tempo yang lambat, drama ini memiliki alur yang rapi, dialog yang tidak membosankan, musik yang nyaman di telinga. Bahkan chemistry dan akting para tokoh terbilang bagus dan alami. 

Nah, itulah ulasan singkat mengenai drama china Meet Yourself. Jika Sobat BiSa ingin mengetahui seberapa healing dan uniknya drama ini, kalian bisa menontonnya di kanal YouTube Huace Croton TV Indonesia secara gratis. Kalian juga bisa menontonnya melalui platform Viki dan Vidio.

Editor: Iska Pebrina

Eleonora Geashinta

Penikmat drama, film, dan musik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *